DRgrtea

Alih Bahasa

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

menunavngampar

Kamis, 28 Januari 2021

PKKS - Rencana Tindak Lanjut Hasil Evaluasi

Rencana Tindak Lanjut Hasil Evaluasi

Daftar Isi dan yang lainnya.

Coba perhatikan, telaah dan praktekkan:

☰ buka
×
=======

STANDAR ISI

TINGKATAN EDS

MASALAH MENDESAK

RENCANA TINDAKAN

HASIL YANG DICAPAI

2

 

 

 

 

Ø Kurikulum Sekolah  kami berusaha mengikuti Standar Isi, standar kompetensi, dan panduan KTSP.

 

Ø Struktur kurikulum sekolah kami tidak mengalokasikan waktu yang cukup bagi  peserta didik  agar dapat memahami konsep yang baru sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya. Program remedial dan pengayaan belum pernah dilaksanakan.

 

Ø Sebagian besar (sekitar 70%) peserta didik kami tidak termotivasi untuk belajar dan tidak tertarik pada pelajaran yang diajarkan

 

Ø Sekolah kami menawarkan beberapa mata pelajaran tambahan tetapi kami masih harus mempertimbangkan karakter daerah dan kebutuhan masyarakat dalam perencanaan kami

v  Menyusun Dokumen Kurikulum yang sesuai dengan panduan dari BSNP

 

v  Menyusun jadwal program remidiasi dan pengayaan

 

 

 

 

 

v  Meningkatkan motivasi belajar siswa.

 

 

v  Meninjau ulang mata pelajaran Muatan Lokal

 

 

¨      Sekolah memiliki Dokumen Kurikulum yang sesuai dengan panduan dari BSNP

 

 

¨      Tersusunnya jadwal program remidiasi dan pengayaan

 

 

 

 

 

¨      Motivasi belajar siswa meningkat

 

 

 

¨      Tersedianya mata pelajaran muatan local yang sesuai dengan kebutuhan siswa

 

STANDAR PROSES

 

TINGKATAN EDS

MASALAH MENDESAK

RENCANA TINDAKAN

HASIL YANG DICAPAI

2

 

 

 

 

Ø  Silabus sekolah kami  berusaha mengikuti SI, SKL dan panduan KTSP. Kami belum sepenuhnya mempertimbangkan kesesuaian antara mata pelajaran dan komponennya dalam penyusunan silabus.

Ø  Sekolah kami tidak mempertimbangkan usia dan minat peserta didik saat membuat program pembelajaran

 

Ø  Guru-guru di sekolah kami hanya membuat rencana pembelajaran untuk mata pelajaran tertentu saja

Ø  Guru-guru di sekolah kami  merencanakan pembelajaran  berdasarkan pada isi buku pelajaran saja

Ø  Kepala sekolah kami tidak mengkaji ulang rencana pembelajaran yang dibuat oleh para guru atau memberikan saran dan dukungan

Ø  Guru-guru di sekolah kami  tidak mengkaji ulang RPP setelah mengajar.

v  Workshop menyusun silabus semua mata pelajaran sesuai dengan SI, SKL dan panduan KTSP

 

 

v  Workshop menyusun program pembelajaran yang mempertimbangkan usia dan minat peserta didik.

v  Melakukan monitoring penyusunan rencana pembelajaran setiap minggu

 

v  Workshop penyusunan RPP

 

 

v  Supervisi pembelajaran

 

 

v  Menyusun program tindak lanjut supervisi.

¨      Tersusunnya syllabus semua mata pelajaran sesuai dengan SI, SKL, dan panduan KTSP.

 

 

 

¨      Tersusunnya program pembelajaran yang mempertimbangkan usia dan minat peserta didik

 

¨      Tersusunnya RPP semua mata pelajaran secara lengkap

 

¨      Tersusunnya RPP dengan metode pembelajaran CTL

 

¨      Selalu dilakukan pengkajian ulang penyusunan RPP

 

¨      Semua guru mengkaji ulang RPP setelah mengajar.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

 

TINGKATAN EDS

MASALAH MENDESAK

RENCANA TINDAKAN

HASIL YANG DICAPAI

2

 

 

 

 

Ø Hasil belajar peserta didik  masih rendah disebabkan oleh pemakaian  program belajar yang kurang beragam.

 

Ø Peserta didik kurang memiliki motivasi belajar, rasa percaya diri serta semangat belajar

 

v  Pelatihan penggunaan program belajar yang beragam

 

 

v  Penggunaan berbagai metode pembelajaran yang membangkitkan motivasi belajar siswa.

 

 

¨      Guru menggunakan program belajar yang beragam

 

 

¨      Guru menggunakan berbagai metode pembelajaran yang membangkitkan motivasi belajar siswa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

 

TINGKATAN EDS

MASALAH MENDESAK

RENCANA TINDAKAN

HASIL YANG DICAPAI

2

 

 

 

 

Ø Tingkat keahlian mengajar pendidik memungkinkan tercakupnya sebagian besar tuntutan kurikulum, tetapi masih ada kesenjangan dibidang keahlian tertentu

 

Ø Beberapa pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah kami tidak memiliki kualifikasi minimum yang dipersyaratkan

 

Ø Setiap guru tetap kami telah bekerja sesuai dengan ketentuan standar pelayanan minimal (SPM)

 

Ø  Sekolah kami menyelenggarakan proses pembelajaran selama 34 minggu pertahun dengan kegiatan tatap muka sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM)

 

v  Pengiriman guru dalam kegiatan MGMP.

 

 

 

v  Memberi kesmpatan kepada guru untuk melanjutkan studi

 

 

¨      Guru meningkat kompetensinya

 

 

 

 

¨      100% memiliki kualifikasi yang dipersyaratkan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

STANDAR SARANA DAN PRASARANA

 

TINGKATAN EDS

MASALAH MENDESAK

RENCANA TINDAKAN

HASIL YANG DICAPAI

2

 

 

 

 

Ø Bangunan sekolah kami tidak memenuhi standar dari segi ukuran atau jumlah ruangan

 

Ø Sekolah masih kekurangan 1 ruang kelas

 

 

Ø Sekolah kami belum memiliki semua  sarana dan alat-alat yang dibutuhkan untuk memenuhi ketetapan dalam standar

v  Mencari bantuan pembangunan ruang pendukung belajar

 

v  Mencari bantuan pembangunan ruang belajar

 

v  Melakukan pembelian sarana dan prasarana belajar.

 

 

¨      Sekolah memiliki ruang pendukung yang memenuhi standar

 

¨      Sekolah memiliki ruang kelas yang standar

 

 

¨      Sekolah memiliki sarana dan prasarana belajar yang lengkap

 

 


STANDAR PENGELOLAAN

 

TINGKATAN EDS

MASALAH MENDESAK

RENCANA TINDAKAN

HASIL YANG DICAPAI

2

 

 

 

 

Ø Rencana kerja sekolah kami tidak terarah pada peningkatan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.

 

Ø Rencana pengembangan sekolah kami tidak didukung dengan informasi yang didapat dari hasil evaluasi diri sekolah.

 

Ø Sejumlah staf di sekolah kami tidak terbuka terhadap perubahan, dan evaluasi diri belum menjadi tata kerja di sekolah kami.

 

v  Workshop menyusun RKS

 

 

¨      Tersusunnya RKS yang sesuai petunjuk BSNP

 

 

 


STANDAR PENILAIAN PENDIDIK

 

TINGKATAN EDS

MASALAH MENDESAK

RENCANA TINDAKAN

HASIL YANG DICAPAI

2

 

 

 

 

Ø Setiap guru di sekolah kami mengembangkan dan menerapkan program penilaian untuk membantu meningkatkan kemampuan belajar peserta didik.

 

Ø Guru-guru di sekolah kami melaksanakan penilaian terhadap peserta didik secara periodik, tapi sebagian besar hanya menggunakan tes dan ujian

 

Ø Guru-guru di sekolah kami tidak membicarakan hasil penilaian dengan peserta didik

v  Menyusun Program Penilaian Proses, Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester, Ulangan akhir semester

 

v  Menyusun jadwal program penilaian  

 

 

 

 

 

¨      Dikembangkan dan diterapkannya program penilaian yang sesuai standar

 

 

 

¨      Tersusunnya jadwal program penilaian

 

 

 

 

 

 


STANDAR PEMBIAYAAN

 

TINGKATAN EDS

MASALAH MENDESAK

RENCANA TINDAKAN

HASIL YANG DICAPAI

2

 

 

 

 

Ø Perumusan rancangan anggaran biaya pendapatan dan belanja sekolah (RAPBS) merujuk pada peraturan pemerintah.

Ø Sekolah membuat laporan  pertanggungjawaban pendapatan dan penggunaan keuangan kepada pemerintah dan pemangku kepentingan, tetapi masih perlu dilakukan secara rutin dan proses yang transparan.

 

v  Menyusun RKAS merujuk pada peraturan pemerintah

 

v  Pembuatan laporan pertanggung jawaban keuangan kepada pemerintah secara rutin dan transparan

 

 

 

¨      Tersusunnya RKAS merujuk pada peraturan pemerintah

¨      Tersusunnya laporan pertanggungjawaban keuangan kepada pemerintah secara rutin dan transparan

 

 

 

 

 

Cianjur,      Juli 2020

Kepala SMA plus Tauhidul afkar

 

 

 

IRFAN ILMI, S. Pd.I,Lc.

NIP.-

 

 =======

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Populer

Duridwan TeA Google Arsip

Tampil Ful Skrin

Tampilan penuh layar

Klik tombol "Penuh" untuk mode ful skrin. Tutup dengan cara klik tuts "Esc" di kibot, atau dengan mengklik tombol "Normal" saja.

Penuh Normal

Materi artikel

×
Judul