KKM (KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL) BAHASA INDONESIA SMA X SEMESTER 1 KURIKULUM 2013
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017
Nama Sekolah : SMA Plus Tauhidul Afkar
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Nama Guru Mata Pelajaran : .................................
Kelas/ Semester : X/ 1
Nilai KKM Mata Pelajaran : ≥ 80 ( dikonversi 3,00)
Kompetensi Inti:
KI 1:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4:
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
@@@@@@@@@@@@@@
Kompetensi Dasar dan Indikator
|
Kriteria Ketuntasan Minimal
|
Keterangan
| |||
Penetapan Kriteria Minimal
|
Nilai KKM
| ||||
Kompleksitas
|
Daya Dukung
|
Intake
Siswa
| |||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan
4.1 Menginterpretasi makna teks anekdot baik secara lisan maupun tulisan
· Pengenalan struktur isi teks anekdot
· Pengenalan ciri bahasa teks anekdot
· Pemahaman isi teks anekdot
· Makna kata, istilah, ungkapan dalam teks anekdot
· Pemahaman isi teks anekdot
|
80
81
81
81
81
|
80
80
80
80
80
|
80
79
79
79
79
|
80
80
80
80
80
80
| |
3.2 Membandingkan teks
anekdot baik melalui
lisan maupun tulisan
4.2 Memproduksi teks
anekdot baik secara
lisan maupun tulisan
· Persamaan/perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dua teks anekdot
· Langkah-langkah penulisan teks anekdot (mengamati, menemukan topik, dan mengembangkan sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa)
|
79
81
|
80
80
|
80
80
|
80
80
80
| |
3.3 Menganalisis teks
anekdot baik melalui
lisan maupun tulisan
4.3 Menyunting teks
anekdot sesuai
dengan struktur dan
kaidah teks baik
secara lisan maupun
tulisan
· Analisis isi teks anekdot
· Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks anekdot
· Penyuntingan bahasa sesuai dengan: struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
|
79
79
79
|
80
81
79
|
80
80
81
|
80
80
80
80
| |
3.4 Mengidentifikasi teks anekdot secara lisan maupun tulisan
4.4 Mengabstraksi teks anekdot baik secara lisan maupun tulisan
· Identifikasi karakteristik teks anekdot
· Langkah-langkah membuat abstraksi teks anekdot
|
79
79
|
80
81
|
80
80
|
80
80
80
| |
3.5 Mengevaluasi teks
anekdot baik melalui
lisan maupun tulisan
4.5 Mengonversi teks
anekdot ke dalam
bentuk yang lain
sesuai dengan struktur
dan kaidah teks baik
secara lisan maupun
tulisan
· Evaluasi struktur isi dan bahasa teks anekdot
· Langkah- langkah konversi teks anekdot menjadi teks monolog
· Langkah- langkah konversi teks anekdot menjadi teks drama pendek
|
79
79
79
|
80
81
79
|
80
80
81
|
80
80
80
80
| |
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan
4.1 Menginterpretasi makna teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan
· Pengenalan struktur isi teks laporan hasil observasi
· Pengenalan ciri bahasa teks eksposisi
· Pemahaman isi teks eksposisi
· Makna kata, istilah, ungkapan dalam teks eksposisi
· Pemahaman isi teks eksposisi
|
80
80
79
79
80
|
80
81
79
80
80
|
80
80
81
80
80
|
80
80
80
80
80
80
| |
3.2 Membandingkan teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan
4..2 Memproduksi teks eksposisi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
· Persamaan/perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dua teks eksposisi
· Langkah-langkah penulisan teks eksposisi sesuai dengan struktur isi (menentukan judul, menuliskan klasifikasi umum, menuliskan deskripsi)dan ciri bahasa
|
81
79
|
80
80
|
80
81
|
80
80
80
| |
3.3 Menganalisis teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan
4.3 Menyunting teks eksposisi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
· Analisis isi teks eksposisi
· Analisis bahasa teks eksposisi
· Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks eksposisi
· Penyuntingan bahasa sesuai dengan: struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
|
80
80
79
79
|
80
80
79
80
|
80
79
81
79
|
80
80
80
80
80
| |
3.4 Mengidentifikasi teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan
4.4 Mengabstraksi teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan
· Identifikasi karakteristik teks eksposisi
· Langkah-langkah membuat abstraksi teks eksposisi
|
80
79
|
80
80
|
80
80
|
80
80
80
| |
3.5 Mengevaluasi teks eksposisi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
4.5 Mengonversi teks eksposisi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
· Evaluasi struktur isi dan bahasa teks eksposisi
· Langkah- langkah konversi teks eksposisi menjadi teks monolog
· Langkah- langkah konversi teks eksposisi menjadi teks drama pendek
|
79
80
79
|
80
79
80
|
80
80
81
|
80
80
80
80
| |
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan
4.1 Menginterpretasi makna teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan
· Pengenalan struktur isi teks laporan hasil observasi
· Pengenalan ciri bahasa teks laporan hasil observasi
· Pemahaman isi teks laporan hasil observasi
· Makna kata, istilah, ungkapan dalam teks laporan hasil observasi
· Pemahaman isi teks laporan hasil observasi
|
80
80
79
79
79
|
80
80
79
80
80
|
80
79
81
79
81
|
80
80
80
80
80
80
| |
3.2 Membandingkan teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan
4..2 Memproduksi teks laporan hasil observasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
· Persamaan/perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dua teks laporan hasil observasi
· Langkah-langkah penulisan teks laporan hasil observasi sesuai dengan struktur isi (pernyataan pendapat, penegasan ulang pendapat, dan jumlah argumentasi) dan ciri bahasa
|
79
80
|
80
79
|
80
80
|
80
80
80
| |
3.3 Menganalisis teks
laporan hasil observasibaik melalui lisan maupun tulisan
4.3 Menyunting teks laporan hasil observasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
· Analisis isi teks laporan hasil observasi
· Analisis bahasa teks laporan hasil observasi
· Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks laporan hasil observasi
· Penyuntingan bahasa sesuai dengan: struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
|
81
81
81
81
|
80
80
80
80
|
79
79
79
79
|
80
80
80
80
80
| |
3.4 Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan
4.4 Mengabstraksi teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan
· Karakteristik teks laporan hasil observasi
· Langkah-langkah membuat abstraksi teks laporan hasil observasi
|
79
81
|
80
80
|
80
80
|
80
80
80
| |
3.5 Mengevaluasi teks laporan hasil observasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
4.5 Mengonversi lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
· Evaluasi struktur isi dan bahasa teks laporan hasil laporan hasil observasi
· Langkah- langkah konversi teks laporan hasil observasi menjadi teks monolog
· Langkah- langkah konversi teks laporan hasil observasimenjadi teks drama pendek
|
80
81
81
|
80
80
80
|
80
79
79
|
80
80
80
80
| |
Nilai KKM Kelas X Semester 1 (Ganjil) = ≥ 80 (dikonversi 3,00)
|
@@@@@@@@@@@@@@@@
Keterangan:
1) Jumlah Kompetensi Dasar (KD) pada semester 1 yaitu 30 KD
2) Rumus mencari KKM KD adalah rata-rata dari indikator setiap Kompetensi Dasar (KD)
3) Rumus mencari KKM adalah rata-rata dari Kompetensi Dasar (KD)
4) Kriteria Ketuntasan Minimal = Kriteria Ketuntasan Minimal semester 1 yaitu
≥ 80 (dikonversi 3,00)
Pacet, ....................................
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,
Dudi Ridwan, S.Pd.I .........................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar