DRgrtea

Alih Bahasa

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

menunavngampar

Minggu, 27 Mei 2018

Standar 2 - Standar Proses


II.         STANDAR  PROSES


5.      Ketersediaan komponen dalam pengembangan silabus setiap mata pelajaran.
No.
Mata pelajaran
Komponen*
Jml
%
1
2
3
4
5
6
7
8
9
1.          
Pendidikan Agama Islam










… %
2.          
Pendidikan Agama Islam










… %
3.          
Pend. Kewarganegaraan










… %
4.          
Bahasa Indonesia










… %
5.          
Bahasa Inggris










… %
6.          
Matematika










… %
7.          
PJOK










… %
8.          
Fisika










… %
9.          
Biologi










… %
10.        
Kimia










… %
11.        
Sejarah Umum










… %
12.        
Sejarah Indonesia










… %
13.        
Geografi










… %
14.        
Ekonomi










… %
15.        
Sosiologi Antropologi










… %
16.        
Seni Budaya










… %
17.        
Prakarya










… %
18.        
TIK










… %
19.        
Bahasa Sunda










… %
20.        
Bahasa Arab










… %
Rata-rata Persentase (%)
… %
* Persentase per baris = Jumlah aspek dibagi 9 dikali 100%
Komponen dalam silabus terdiri atas: (1) identitas mata pelajaran, (2) identitas sekolah/madrasah, (3) kompetensi inti, (4) kompetensi dasar, (5) materi pokok, (6) kegiatan pembelajaran, (7) penilaian, (8) alokasi waktu, dan (9) sumber belajar.

6.     Mata pelajaran yang RPP-nya lengkap dan sistematis.

No.
Mata pelajaran
Kelas*
X
XI
XII
1.     
Pendidikan Agama Islam



2.     
Pendidikan Agama Islam



3.     
Pend. Kewarganegaraan



4.     
Bahasa Indonesia



5.     
Bahasa Inggris



6.     
Matematika



7.     
PJOK



8.     
Fisika



9.     
Biologi



10.  
Kimia



11.  
Sejarah Umum



12.  
Sejarah Indonesia



13.  
Geografi



14.  
Ekonomi



15.  
Sosiologi Antropologi



16.  
Seni Budaya



17.  
Prakarya



18.  
TIK



19.  
Bahasa Sunda



20.  
Bahasa Arab



Jumlah



* Isilah dengan tanda (√) pada kolom kelas jika RPP-nya lengkap dan sistematis.
                                               
7.     Alokasi waktu dan beban belajar.

No.
Alokasi waktu dan beban belajar
1
Durasi 1 jam pembelajaran = ….. menit
2
Beban belajar per minggu :
a.    kelas X   = ……… jam pembelajaran.
b.    kelas XI  = ……… jam pembelajaran.
c.    kelas XII = ……… jam pembelajaran.
3
Beban belajar per semester:
a.     kelas X   = ……… minggu.
b.     kelas XI  = ……… minggu.
c.      kelas XII semester ganjil = ……… minggu.
d.     kelas XII semester genap = ……… minggu.
4
Beban belajar per tahun pelajaran = …...  minggu

  1.  Jumlah Siswa Tiap Rombongan Belajar

No
Kelas
Jumlah Siswa
1
X IPA
24
2
X IPS
22
3
XI IPA
19
4
XI IPS
20
5
XII IPA
22
6
XII IPS
22

9.     Penggunaan buku teks pelajaran.

No.
Mata pelajaran
Kelas*
Jumlah
X
XI
XII
1.          
Pendidikan Agama Islam




2.          
Pendidikan Agama Islam




3.          
Pend. Kewarganegaraan




4.          
Bahasa Indonesia




5.          
Bahasa Inggris




6.          
Matematika




7.          
PJOK




8.          
Fisika




9.          
Biologi




10.        
Kimia




11.        
Sejarah Umum




12.        
Sejarah Indonesia




13.        
Geografi




14.        
Ekonomi




15.        
Sosiologi Antropologi




16.        
Seni Budaya




17.        
Prakarya




18.        
TIK




19.        
Bahasa Sunda




20.        
Bahasa Arab





Jumlah


Persentase
… %
* Isilah dengan tanda (√) pada kolom kelas untuk mata pelajaran yang buku teks-nya lengkap.

10.      Pengelolaan kelas.
No.
Nama Guru
Kelas
Kriteria*
Pengaturan tempat
Pengaturan suara
Kemampuan Belajar Siswa
Ketertiban Kelas
Keaktifan Siswa
Ketepatan Waktu
1.          
Popi Syafi’ah, S.Pd.I







2.          
Ujang Muharom, S.Pd.I







3.          
Gini, S.Pd







4.          
Emi Ulfa, S.Pd







5.          
Desi R. S.Pd







6.          
Eneng Risma Listiari, S.Pd







7.          
Alfi Nuraeni, S.Pd







8.          
Ahmad Hamdan M. A.Md







9.          
Irfan Faisal Idris, S.Pd







10.        
Ahmad Hamdan M. A.Md







11.        
Agus Wahyudi, S.Pd.I







12.        
Lidia, SP.







13.        
Elis Solihah, S.Pd







14.        
Ade Sudrajat, S.Pd.I, M.Pd.







15.        
Heri Agus SB, S.Pd.I, S.Pd.







16.        
Nanan Nafisah, SP.







17.        
Dudi Ridwan, S.Pd.I







18.        
H. Taufik Hidayat, S.Ag







* Isilah dengan tanda (√) pada kolom kriteria yang dikelola dengan baik.
   



11.      s.d  22.  Pelaksanaan pembelajaran.
No.
Nama guru
Pelaksanaan Pembelajaran*
Pendahuluan
Kegiatan inti
langkah penutup
Model
metode
media
sumber belajar
pendekatan
1.          
Popi Syafi’ah, S.Pd.I







2.          
Ujang Muharom, S.Pd.I







3.          
Gini, S.Pd







4.          
Emi Ulfa, S.Pd







5.          
Desi R. S.Pd







6.          
Eneng Risma Listiari, S.Pd







7.          
Alfi Nuraeni, S.Pd







8.          
Ahmad Hamdan M. A.Md







9.          
Irfan Faisal Idris, S.Pd







10.        
Ahmad Hamdan M. A.Md







11.        
Agus Wahyudi, S.Pd.I







12.        
Lidia, SP.







13.        
Elis Solihah, S.Pd







14.        
Ade Sudrajat, S.Pd.I, M.Pd.







15.        
Heri Agus SB, S.Pd.I, S.Pd.







16.        
Nanan Nafisah, SP.







17.        
Dudi Ridwan, S.Pd.I







18.        
H. Taufik Hidayat, S.Ag








Jumlah








Persentase**
…%
…%
…%
…%
…%
…%
…%
* Isilah dengan tanda (√) pada kolom Pelaksanaan Pembelajaran jika pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan petunjuk teknis dan tepat pemilihannya.
** Penghitungan persentase = jumlah guru yang memenuhi dibagi jumlah seluruh guru dikali 100%.

23.  Penggunaan penilaian otentik oleh guru.

No.
Nama guru
Digunakan*
Ya
Tidak
1.          
Popi Syafi’ah, S.Pd.I


2.          
Ujang Muharom, S.Pd.I


3.          
Gini, S.Pd


4.          
Emi Ulfa, S.Pd


5.          
Desi R. S.Pd


6.          
Eneng Risma Listiari, S.Pd


7.          
Alfi Nuraeni, S.Pd


8.          
Ahmad Hamdan M. A.Md


9.          
Irfan Faisal Idris, S.Pd


10.        
Ahmad Hamdan M. A.Md


11.        
Agus Wahyudi, S.Pd.I


12.        
Lidia, SP.


13.        
Elis Solihah, S.Pd


14.        
Ade Sudrajat, S.Pd.I, M.Pd.


15.        
Heri Agus SB, S.Pd.I, S.Pd.


16.        
Nanan Nafisah, SP.


17.        
Dudi Ridwan, S.Pd.I


18.        
H. Taufik Hidayat, S.Ag



Jumlah



Persentase
… %
… %
*  Isilah dengan tanda (√) pada kolom “Ya” jika guru menggunakan penilaian otentik.
24.       Pemanfaatan hasil penilaian otentik untuk 4 kegiatan.
No.
Nama guru
Kegiatan*
Yang Melaksanakan 4 Kegiatan**
Remedial
Pengayaan
Konseling
Perbaikan PBM
1.          
Popi Syafi’ah, S.Pd.I





2.          
Ujang Muharom, S.Pd.I





3.          
Gini, S.Pd





4.          
Emi Ulfa, S.Pd





5.          
Desi R. S.Pd





6.          
Eneng Risma Listiari, S.Pd





7.          
Alfi Nuraeni, S.Pd





8.          
Ahmad Hamdan M. A.Md





9.          
Irfan Faisal Idris, S.Pd





10.        
Ahmad Hamdan M. A.Md





11.        
Agus Wahyudi, S.Pd.I





12.        
Lidia, SP.





13.        
Elis Solihah, S.Pd





14.        
Ade Sudrajat, S.Pd.I, M.Pd.





15.        
Heri Agus SB, S.Pd.I, S.Pd.





16.        
Nanan Nafisah, SP.





17.        
Dudi Ridwan, S.Pd.I





18.        
H. Taufik Hidayat, S.Ag






Jumlah yang memenuhi 4 kegiatan


Persentase

* Isilah dengan tanda (√) pada kolom kegiatan yang dilakukan oleh guru.
** Isilah dengan angka 1 (satu) jika guru melaksanakan 4 kegiatan.




25.      Pelaksanaan pengawasan kepala sekolah/madrasah.
No.
Pengawasan
Bentuk Pelaksanaan dan Tindak Lanjut
1
Objektif



2
Transparan



3
Digunakan untuk peningkatan mutu




26.      Pelaksanaan supervisi proses pembelajaran dalam tiga tahun terakhir .
No.
Nama guru
Tahun ...
Tahun ...
Tahun ...
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
1.          
Popi Syafi’ah, S.Pd.I






2.          
Ujang Muharom, S.Pd.I






3.          
Gini, S.Pd






4.          
Emi Ulfa, S.Pd






5.          
Desi R. S.Pd






6.          
Eneng Risma Listiari, S.Pd






7.          
Alfi Nuraeni, S.Pd






8.          
Ahmad Hamdan M. A.Md






9.          
Irfan Faisal Idris, S.Pd






10.        
Ahmad Hamdan M. A.Md






11.        
Agus Wahyudi, S.Pd.I






12.        
Lidia, SP.






13.        
Elis Solihah, S.Pd






14.        
Ade Sudrajat, S.Pd.I, M.Pd.






15.        
Heri Agus SB, S.Pd.I, S.Pd.






16.        
Nanan Nafisah, SP.






17.        
Dudi Ridwan, S.Pd.I






18.        
H. Taufik Hidayat, S.Ag







Jumlah







Persentase
… %
… %
… %
… %
… %
… %
* Isilah dengan tanda (√) pada kolom yang sesuai.

27.   Pemantauan proses pembelajaran oleh kepala sekolah/madrasah.
No.
Cara Pemantauan
Pelaksanaan*
Ya
Tidak
1
Diskusi Kelompok Terfokus


2
Pengamatan


3
Pencatatan


4
Perekaman


5
Wawancara


6
Pendokumentasian



Jumlah


* Isilah dengan tanda (√) pada kolom pelaksanaan.

28.   Pelaksanaan tindak lanjut supervisi proses pembelajaran oleh kepala sekolah/madrasah.
No.
Cara Tindak Lanjut Supervisi
Pelaksanaan*
Ya
Tidak
1
Pemberian contoh


2
Diskusi


3
Konsultasi


4
Pelatihan



Jumlah


          *Isilah dengan tanda (√) pada kolom pelaksanaan.
29.   Laporan pemantauan dan program tindak lanjut:
No.
Kegiatan
Dokumen *
Ada
Tidak
1
Laporan pemantauan


2
Laporan supervisi


3
Laporan evaluasi proses pembelajaran


4
Program tindak lanjut



Jumlah


*  Isilah dengan tanda (√) pada kolom Dokumen

30.   Pelaksanaan tindak lanjut hasil pengawasan proses pembelajaran oleh kepala sekolah/madrasah.
No.
Nama guru
Tindak Lanjut*
Bentuk tindak lanjut
Ada
Tidak
1.   
Popi Syafi’ah, S.Pd.I



2.   
Ujang Muharom, S.Pd.I



3.   
Gini, S.Pd



4.   
Emi Ulfa, S.Pd



5.   
Desi R. S.Pd



6.   
Eneng Risma Listiari, S.Pd



7.   
Alfi Nuraeni, S.Pd



8.   
Ahmad Hamdan M. A.Md



9.   
Irfan Faisal Idris, S.Pd



10.        
Ahmad Hamdan M. A.Md



11.        
Agus Wahyudi, S.Pd.I



12.        
Lidia, SP.



13.        
Elis Solihah, S.Pd



14.        
Ade Sudrajat, S.Pd.I, M.Pd.



15.        
Heri Agus SB, S.Pd.I, S.Pd.



16.        
Nanan Nafisah, SP.



17.        
Dudi Ridwan, S.Pd.I



18.        
H. Taufik Hidayat, S.Ag




Jumlah




Persentase**
… %


*     Isilah dengan tanda (√) pada kolom Bentuk Tindak Lanjut yang telah dilaksanakan.
**  Persentase = jumlah guru yang ditindaklanjuti dibagi jumlah seluruh guru dikali
      100%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Populer

Duridwan TeA Google Arsip

Tampil Ful Skrin

Tampilan penuh layar

Klik tombol "Penuh" untuk mode ful skrin. Tutup dengan cara klik tuts "Esc" di kibot, atau dengan mengklik tombol "Normal" saja.

Penuh Normal

Materi artikel

×
Judul