II.
STANDAR PROSES
5. Ketersediaan komponen dalam pengembangan silabus
setiap mata pelajaran.
No.
|
Mata pelajaran
|
Komponen*
|
Jml
|
%
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
||||
1.
|
Pendidikan Agama Islam
|
… %
|
||||||||||
2.
|
Pendidikan Agama Islam
|
… %
|
||||||||||
3.
|
Pend. Kewarganegaraan
|
… %
|
||||||||||
4.
|
Bahasa Indonesia
|
… %
|
||||||||||
5.
|
Bahasa Inggris
|
… %
|
||||||||||
6.
|
Matematika
|
… %
|
||||||||||
7.
|
PJOK
|
… %
|
||||||||||
8.
|
Fisika
|
… %
|
||||||||||
9.
|
Biologi
|
… %
|
||||||||||
10.
|
Kimia
|
… %
|
||||||||||
11.
|
Sejarah Umum
|
… %
|
||||||||||
12.
|
Sejarah Indonesia
|
… %
|
||||||||||
13.
|
Geografi
|
… %
|
||||||||||
14.
|
Ekonomi
|
… %
|
||||||||||
15.
|
Sosiologi Antropologi
|
… %
|
||||||||||
16.
|
Seni Budaya
|
… %
|
||||||||||
17.
|
Prakarya
|
… %
|
||||||||||
18.
|
TIK
|
… %
|
||||||||||
19.
|
Bahasa Sunda
|
… %
|
||||||||||
20.
|
Bahasa Arab
|
… %
|
||||||||||
Rata-rata Persentase (%)
|
… %
|
* Persentase per baris = Jumlah aspek dibagi
9 dikali 100%
Komponen dalam
silabus terdiri atas: (1) identitas mata pelajaran, (2) identitas sekolah/madrasah,
(3) kompetensi inti, (4) kompetensi dasar, (5) materi pokok, (6) kegiatan
pembelajaran, (7) penilaian, (8) alokasi waktu, dan (9) sumber belajar.
6. Mata pelajaran yang RPP-nya lengkap dan
sistematis.
No.
|
Mata pelajaran
|
Kelas*
|
||
X
|
XI
|
XII
|
||
1.
|
Pendidikan Agama Islam
|
|||
2.
|
Pendidikan Agama Islam
|
|||
3.
|
Pend. Kewarganegaraan
|
|||
4.
|
Bahasa Indonesia
|
|||
5.
|
Bahasa Inggris
|
|||
6.
|
Matematika
|
|||
7.
|
PJOK
|
|||
8.
|
Fisika
|
|||
9.
|
Biologi
|
|||
10.
|
Kimia
|
|||
11.
|
Sejarah Umum
|
|||
12.
|
Sejarah Indonesia
|
|||
13.
|
Geografi
|
|||
14.
|
Ekonomi
|
|||
15.
|
Sosiologi Antropologi
|
|||
16.
|
Seni Budaya
|
|||
17.
|
Prakarya
|
|||
18.
|
TIK
|
|||
19.
|
Bahasa Sunda
|
|||
20.
|
Bahasa Arab
|
|||
Jumlah
|
* Isilah dengan tanda (√)
pada kolom kelas jika RPP-nya lengkap dan sistematis.
7. Alokasi waktu dan beban belajar.
No.
|
Alokasi waktu dan beban belajar
|
1
|
Durasi
1 jam pembelajaran = ….. menit
|
2
|
Beban
belajar per minggu :
a. kelas
X = ……… jam pembelajaran.
b. kelas
XI = ……… jam pembelajaran.
c. kelas
XII = ……… jam pembelajaran.
|
3
|
Beban
belajar per semester:
a.
kelas X = ……… minggu.
b.
kelas XI = ……… minggu.
c.
kelas XII
semester ganjil = ……… minggu.
d.
kelas XII
semester genap = ……… minggu.
|
4
|
Beban
belajar per tahun pelajaran = …...
minggu
|
- Jumlah Siswa Tiap Rombongan Belajar
No
|
Kelas
|
Jumlah Siswa
|
1
|
X IPA
|
24
|
2
|
X IPS
|
22
|
3
|
XI IPA
|
19
|
4
|
XI IPS
|
20
|
5
|
XII IPA
|
22
|
6
|
XII IPS
|
22
|
9. Penggunaan buku teks pelajaran.
No.
|
Mata pelajaran
|
Kelas*
|
Jumlah
|
||
X
|
XI
|
XII
|
|||
1.
|
Pendidikan Agama Islam
|
||||
2.
|
Pendidikan Agama Islam
|
||||
3.
|
Pend. Kewarganegaraan
|
||||
4.
|
Bahasa Indonesia
|
||||
5.
|
Bahasa Inggris
|
||||
6.
|
Matematika
|
||||
7.
|
PJOK
|
||||
8.
|
Fisika
|
||||
9.
|
Biologi
|
||||
10.
|
Kimia
|
||||
11.
|
Sejarah Umum
|
||||
12.
|
Sejarah Indonesia
|
||||
13.
|
Geografi
|
||||
14.
|
Ekonomi
|
||||
15.
|
Sosiologi Antropologi
|
||||
16.
|
Seni Budaya
|
||||
17.
|
Prakarya
|
||||
18.
|
TIK
|
||||
19.
|
Bahasa Sunda
|
||||
20.
|
Bahasa Arab
|
||||
Jumlah
|
|||||
Persentase
|
… %
|
* Isilah dengan tanda (√)
pada kolom kelas untuk mata pelajaran yang buku teks-nya lengkap.
10. Pengelolaan kelas.
No.
|
Nama Guru
|
Kelas
|
Kriteria*
|
|||||
Pengaturan tempat
|
Pengaturan suara
|
Kemampuan Belajar Siswa
|
Ketertiban Kelas
|
Keaktifan Siswa
|
Ketepatan Waktu
|
|||
1.
|
Popi Syafi’ah, S.Pd.I
|
|||||||
2.
|
Ujang Muharom, S.Pd.I
|
|||||||
3.
|
Gini, S.Pd
|
|||||||
4.
|
Emi Ulfa, S.Pd
|
|||||||
5.
|
Desi R. S.Pd
|
|||||||
6.
|
Eneng Risma Listiari, S.Pd
|
|||||||
7.
|
Alfi Nuraeni, S.Pd
|
|||||||
8.
|
Ahmad Hamdan M. A.Md
|
|||||||
9.
|
Irfan Faisal Idris, S.Pd
|
|||||||
10.
|
Ahmad Hamdan M. A.Md
|
|||||||
11.
|
Agus Wahyudi, S.Pd.I
|
|||||||
12.
|
Lidia, SP.
|
|||||||
13.
|
Elis Solihah, S.Pd
|
|||||||
14.
|
Ade Sudrajat, S.Pd.I, M.Pd.
|
|||||||
15.
|
Heri Agus SB, S.Pd.I, S.Pd.
|
|||||||
16.
|
Nanan Nafisah, SP.
|
|||||||
17.
|
Dudi Ridwan, S.Pd.I
|
|||||||
18.
|
H. Taufik Hidayat, S.Ag
|
* Isilah dengan tanda (√)
pada kolom kriteria yang dikelola dengan baik.
11. s.d 22. Pelaksanaan pembelajaran.
No.
|
Nama guru
|
Pelaksanaan Pembelajaran*
|
||||||
Pendahuluan
|
Kegiatan inti
|
langkah penutup
|
||||||
Model
|
metode
|
media
|
sumber belajar
|
pendekatan
|
||||
1.
|
Popi Syafi’ah, S.Pd.I
|
|||||||
2.
|
Ujang Muharom, S.Pd.I
|
|||||||
3.
|
Gini, S.Pd
|
|||||||
4.
|
Emi Ulfa, S.Pd
|
|||||||
5.
|
Desi R. S.Pd
|
|||||||
6.
|
Eneng Risma Listiari, S.Pd
|
|||||||
7.
|
Alfi Nuraeni, S.Pd
|
|||||||
8.
|
Ahmad Hamdan M. A.Md
|
|||||||
9.
|
Irfan Faisal Idris, S.Pd
|
|||||||
10.
|
Ahmad Hamdan M. A.Md
|
|||||||
11.
|
Agus Wahyudi, S.Pd.I
|
|||||||
12.
|
Lidia, SP.
|
|||||||
13.
|
Elis Solihah, S.Pd
|
|||||||
14.
|
Ade Sudrajat, S.Pd.I, M.Pd.
|
|||||||
15.
|
Heri Agus SB, S.Pd.I, S.Pd.
|
|||||||
16.
|
Nanan Nafisah, SP.
|
|||||||
17.
|
Dudi Ridwan, S.Pd.I
|
|||||||
18.
|
H. Taufik Hidayat, S.Ag
|
|||||||
Jumlah
|
||||||||
Persentase**
|
…%
|
…%
|
…%
|
…%
|
…%
|
…%
|
…%
|
* Isilah dengan tanda (√) pada kolom Pelaksanaan
Pembelajaran jika pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan petunjuk teknis dan
tepat pemilihannya.
** Penghitungan persentase = jumlah guru yang
memenuhi dibagi jumlah seluruh guru dikali 100%.
23. Penggunaan
penilaian otentik oleh guru.
No.
|
Nama guru
|
Digunakan*
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Popi Syafi’ah, S.Pd.I
|
||
2.
|
Ujang Muharom, S.Pd.I
|
||
3.
|
Gini, S.Pd
|
||
4.
|
Emi Ulfa, S.Pd
|
||
5.
|
Desi R. S.Pd
|
||
6.
|
Eneng Risma Listiari, S.Pd
|
||
7.
|
Alfi Nuraeni, S.Pd
|
||
8.
|
Ahmad Hamdan M. A.Md
|
||
9.
|
Irfan Faisal Idris, S.Pd
|
||
10.
|
Ahmad Hamdan M. A.Md
|
||
11.
|
Agus Wahyudi, S.Pd.I
|
||
12.
|
Lidia, SP.
|
||
13.
|
Elis Solihah, S.Pd
|
||
14.
|
Ade Sudrajat, S.Pd.I, M.Pd.
|
||
15.
|
Heri Agus SB, S.Pd.I, S.Pd.
|
||
16.
|
Nanan Nafisah, SP.
|
||
17.
|
Dudi Ridwan, S.Pd.I
|
||
18.
|
H. Taufik Hidayat, S.Ag
|
||
Jumlah
|
|||
Persentase
|
… %
|
… %
|
* Isilah
dengan tanda (√) pada kolom “Ya” jika guru menggunakan penilaian otentik.
24. Pemanfaatan hasil penilaian otentik untuk 4 kegiatan.
No.
|
Nama guru
|
Kegiatan*
|
Yang Melaksanakan 4 Kegiatan**
|
|||
Remedial
|
Pengayaan
|
Konseling
|
Perbaikan PBM
|
|||
1.
|
Popi Syafi’ah, S.Pd.I
|
|||||
2.
|
Ujang Muharom, S.Pd.I
|
|||||
3.
|
Gini, S.Pd
|
|||||
4.
|
Emi Ulfa, S.Pd
|
|||||
5.
|
Desi R. S.Pd
|
|||||
6.
|
Eneng Risma Listiari, S.Pd
|
|||||
7.
|
Alfi Nuraeni, S.Pd
|
|||||
8.
|
Ahmad Hamdan M. A.Md
|
|||||
9.
|
Irfan Faisal Idris, S.Pd
|
|||||
10.
|
Ahmad Hamdan M. A.Md
|
|||||
11.
|
Agus Wahyudi, S.Pd.I
|
|||||
12.
|
Lidia, SP.
|
|||||
13.
|
Elis Solihah, S.Pd
|
|||||
14.
|
Ade Sudrajat, S.Pd.I, M.Pd.
|
|||||
15.
|
Heri Agus SB, S.Pd.I, S.Pd.
|
|||||
16.
|
Nanan Nafisah, SP.
|
|||||
17.
|
Dudi Ridwan, S.Pd.I
|
|||||
18.
|
H. Taufik Hidayat, S.Ag
|
|||||
Jumlah yang memenuhi 4 kegiatan
|
||||||
Persentase
|
* Isilah dengan tanda (√) pada kolom kegiatan
yang dilakukan oleh guru.
** Isilah dengan angka 1 (satu) jika guru
melaksanakan 4 kegiatan.
25. Pelaksanaan pengawasan kepala
sekolah/madrasah.
No.
|
Pengawasan
|
Bentuk Pelaksanaan dan Tindak Lanjut
|
1
|
Objektif
|
|
2
|
Transparan
|
|
3
|
Digunakan
untuk peningkatan mutu
|
|
26. Pelaksanaan supervisi proses pembelajaran dalam
tiga tahun terakhir .
No.
|
Nama guru
|
Tahun ...
|
Tahun ...
|
Tahun ...
|
|||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Popi Syafi’ah, S.Pd.I
|
||||||
2.
|
Ujang Muharom, S.Pd.I
|
||||||
3.
|
Gini, S.Pd
|
||||||
4.
|
Emi Ulfa, S.Pd
|
||||||
5.
|
Desi R. S.Pd
|
||||||
6.
|
Eneng Risma Listiari, S.Pd
|
||||||
7.
|
Alfi Nuraeni, S.Pd
|
||||||
8.
|
Ahmad Hamdan M. A.Md
|
||||||
9.
|
Irfan Faisal Idris, S.Pd
|
||||||
10.
|
Ahmad Hamdan M. A.Md
|
||||||
11.
|
Agus Wahyudi, S.Pd.I
|
||||||
12.
|
Lidia, SP.
|
||||||
13.
|
Elis Solihah, S.Pd
|
||||||
14.
|
Ade Sudrajat, S.Pd.I, M.Pd.
|
||||||
15.
|
Heri Agus SB, S.Pd.I, S.Pd.
|
||||||
16.
|
Nanan Nafisah, SP.
|
||||||
17.
|
Dudi Ridwan, S.Pd.I
|
||||||
18.
|
H. Taufik Hidayat, S.Ag
|
||||||
Jumlah
|
|||||||
Persentase
|
… %
|
… %
|
… %
|
… %
|
… %
|
… %
|
* Isilah dengan tanda (√) pada kolom yang sesuai.
27. Pemantauan
proses pembelajaran oleh kepala sekolah/madrasah.
No.
|
Cara Pemantauan
|
Pelaksanaan*
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Diskusi
Kelompok Terfokus
|
||
2
|
Pengamatan
|
||
3
|
Pencatatan
|
||
4
|
Perekaman
|
||
5
|
Wawancara
|
||
6
|
Pendokumentasian
|
||
Jumlah
|
*
Isilah dengan tanda (√) pada kolom pelaksanaan.
28. Pelaksanaan tindak lanjut supervisi proses
pembelajaran oleh kepala sekolah/madrasah.
No.
|
Cara Tindak Lanjut Supervisi
|
Pelaksanaan*
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Pemberian
contoh
|
||
2
|
Diskusi
|
||
3
|
Konsultasi
|
||
4
|
Pelatihan
|
||
Jumlah
|
*Isilah dengan tanda (√) pada kolom
pelaksanaan.
29. Laporan pemantauan dan program tindak lanjut:
No.
|
Kegiatan
|
Dokumen *
|
|
Ada
|
Tidak
|
||
1
|
Laporan
pemantauan
|
||
2
|
Laporan
supervisi
|
||
3
|
Laporan
evaluasi proses pembelajaran
|
||
4
|
Program
tindak lanjut
|
||
Jumlah
|
* Isilah
dengan tanda (√) pada kolom Dokumen
30. Pelaksanaan tindak lanjut hasil pengawasan proses
pembelajaran oleh kepala sekolah/madrasah.
No.
|
Nama guru
|
Tindak Lanjut*
|
Bentuk tindak lanjut
|
|
Ada
|
Tidak
|
|||
1.
|
Popi Syafi’ah, S.Pd.I
|
|||
2.
|
Ujang Muharom, S.Pd.I
|
|||
3.
|
Gini, S.Pd
|
|||
4.
|
Emi Ulfa, S.Pd
|
|||
5.
|
Desi R. S.Pd
|
|||
6.
|
Eneng Risma Listiari, S.Pd
|
|||
7.
|
Alfi Nuraeni, S.Pd
|
|||
8.
|
Ahmad Hamdan M. A.Md
|
|||
9.
|
Irfan Faisal Idris, S.Pd
|
|||
10.
|
Ahmad Hamdan M. A.Md
|
|||
11.
|
Agus Wahyudi, S.Pd.I
|
|||
12.
|
Lidia, SP.
|
|||
13.
|
Elis Solihah, S.Pd
|
|||
14.
|
Ade Sudrajat, S.Pd.I, M.Pd.
|
|||
15.
|
Heri Agus SB, S.Pd.I, S.Pd.
|
|||
16.
|
Nanan Nafisah, SP.
|
|||
17.
|
Dudi Ridwan, S.Pd.I
|
|||
18.
|
H. Taufik Hidayat, S.Ag
|
|||
Jumlah
|
||||
Persentase**
|
… %
|
* Isilah
dengan tanda (√) pada kolom Bentuk Tindak Lanjut yang telah dilaksanakan.
** Persentase
= jumlah guru yang ditindaklanjuti dibagi jumlah seluruh guru dikali
100%.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar