VI.
STANDAR
PENGELOLAAN
1.
Visi
|
“Sekolah agamis, kokoh dalam IMTAQ dan cerdas dalam IPTEK, berbudaya
indonesia dan berwawasan internasional”
|
2.
Misi
|
1.
Mewujudkan sekolah sebagai model sekolah
umum yang agamis;
2.
Meningkatkan rasa iman dan taqwa warga
sekolah melalui bimbingan dan kegiatan keagamaan;
3.
Menciptakan lingkungan pembelajaran yang
kondusif dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran
4.
Mengadakan kegiatan sosial yang memupuk
sikap dan perilaku siswa sebagai anak Indonesia yang ramah
dan santun.
5.
Melaksanakan pembelajaran komputer dan
internet sebagai upaya pencapaian kecakapan
hidup ( life skill )
|
3.
Tujuan
|
1.
Mengkondisikan sekolah sebagai model
sekolah agamis dengan dukungan sarana dan prasarana
pendidikan yang relevan dan mutakhir.
2.
Mepersiapkan peserta didik yang bertaqwa
kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia Mempersiapkan peserta didik agar menjadi manusia
yang berkepribadian, cerdas, berkualitas dan
berprestasi.
3.
Membekali peserta didik agar memiliki
keterampilan teknologi informasi dan komunikasi serta mampu
mengembangkan diri secara mandiri
4.
Membekali peserta didik dengan ilmu
pengetahuan dan teknologi agar mampu bersaing dan
melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
|
Ketentuan Visi, Misi, dan Tujuan sekolah/madrasah.
No.
|
Aspek
|
Ada
|
Tidak
|
1
|
Perumusan berdasarkan
masukan dari pihak terkait
|
|
|
2
|
Surat Keputusan
|
|
|
3
|
Surat Penetapan
|
|
|
4
|
Peninjauan Kembali
secara periodik
|
|
|
Isilah dengan tanda (ü)
pada kolom jawaban yang sesuai.
86.
Dokumen Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM)
4 tahunan dan Rencana Kerja Tahunan (RKT).
No.
|
Aspek
|
RKJM
|
RKT
|
||
Ada
|
Tidak
|
Ada
|
Tidak
|
||
1
|
Disusun sesuai
rekomendasi
|
|
|
|
|
2
|
Diputuskan dalam
rapat dewan pendidik
|
|
|
|
|
3
|
Disahkan oleh
Disdik/KanKemenag
|
|
|
|
|
4
|
Dituangkan dalam
dokumen tertulis
|
|
|
|
|
Isilah dengan tanda
(ü) pada kolom jawaban yang sesuai.
87.
Kepemilikan dokumen pedoman pengelolaan pendidikan.
No.
|
Jenis dokumen
|
Ada
|
Tidak
|
1
|
KTSP
|
|
|
2
|
Kalender
pendidikan/akademik
|
|
|
3
|
Struktur organisasi
sekolah/madrasah
|
|
|
4
|
Pembagian tugas guru
|
|
|
5
|
Pembagian tugas
tenaga kependidikan
|
|
|
6
|
Peraturan akademik
|
|
|
7
|
Tata tertib
sekolah/madrasah
|
|
|
8
|
Kode etik
sekolah/madrasah
|
|
|
9
|
Biaya operasional
sekolah/madrasah
|
|
|
Isilah dengan tanda (ü) pada kolom jawaban yang sesuai.
88.
Dokumen struktur organisasi
sekolah/madrasah.
No.
|
Jenis dokumen
|
Ada
|
Tidak
|
1
|
Notulen rapat terkait
struktur organisasi sekolah/madrasah
|
|
|
2
|
Penetapan struktur organisasi
sekolah/madrasah
|
|
|
3
|
Sosialisasi struktur organisasi
sekolah/madrasah, foto kegiatan, dokumen pertemuan sosialisasi
|
|
|
4
|
Bukti pengesahan struktur
organisasi sekolah/madrasah
|
|
|
5
|
Rincian tugas setiap
personil dalam struktur organisasi
|
|
|
Isilah dengan tanda
(ü) pada kolom jawaban yang sesuai.
89.
Pelaksanaan kegiatan sekolah/madrasah sesuai
rencana kerja tahunan (RKT).
No.
|
Kegiatan
|
RKT
|
Realisasi
|
Persentase*
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
…. %
|
* Hitung Persentase (%) keterlaksanaan yaitu
jumlah realisasi dibagi dengan
jumlah
RKT dikalikan 100%
90.
Kegiatan kesiswaan yang dilakukan
sekolah/madrasah.
No.
|
Kegiatan
|
Ada
|
Tidak
|
1
|
Proses Penerimaan
Peserta Didik Baru (PPDB)
|
V
|
|
2
|
Layanan konseling
|
V
|
|
3
|
Ekstrakurikuler
|
V
|
|
4
|
Pembinaan prestasi
|
V
|
|
5
|
Penelusuran alumni
|
|
|
Isilah dengan tanda (ü) pada kolom jawaban yang sesuai.
91.
Pelaksanaan proses peminatan yang dilakukan
sekolah/madrasah.
No.
|
Jenis dokumen
|
Ada
|
Tidak
|
1
|
Penyelenggaraan
kelompok peminatan
|
V
|
|
2
|
Pemilihan kelompok
peminatan
|
V
|
|
3
|
Lintas minat
|
|
V
|
4
|
Pendalaman minat
|
|
V
|
5
|
Pindah kelompok
peminatan
|
|
V
|
Isilah dengan tanda (ü) pada kolom jawaban yang sesuai.
92.
Pengelolaan bidang kurikulum dan kegiatan pembelajaran.
No.
|
Jenis dokumen kurikulum dan pembelajaran
|
Ada
|
Tidak
|
1
|
KTSP
|
|
|
2
|
Kalender pendidikan
|
|
|
3
|
Program pembelajaran
|
|
|
4
|
Penilaian hasil
belajar siswa
|
|
|
5
|
Peraturan akademik
|
|
|
Isilah dengan tanda (ü) pada kolom jawaban yang sesuai.
93.
Pelaksanaan program pendayagunaan pendidik
dan tenaga kependidikan.
No.
|
Jenis dokumen program pendayagunaan
|
Ada
|
Tidak
|
1
|
Pemenuhan kebutuhan
|
|
|
2
|
Pemberdayaan
|
|
|
3
|
Pengembangan dan
promosi
|
|
|
4
|
Pemberian Penghargaan
|
|
|
Isilah dengan tanda (ü) pada kolom jawaban yang sesuai.
94.
Pelaksanaan penilaian kinerja pendidik dan
tenaga kependidikan.
No.
|
Aspek Penilaian Kinerja
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Kesesuaian penugasan
dengan keahlian
|
|
|
2
|
Keseimbangan beban
kerja
|
|
|
3
|
Keaktifan
|
|
|
4
|
Pencapaian prestasi
|
|
|
5
|
Keikutsertaan dalam
berbagai lomba, antara lain:
a.
…
b.
…
c.
…
d.
dst
|
|
|
Isilah dengan tanda (ü) pada kolom jawaban yang sesuai
95.
Penyusunan pedoman pengelolaan pembiayaan investasi
dan operasional pendidikan.
No.
|
Ketentuan penyusunan pedoman
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Disusun mengacu pada
standar pembiayaan
|
|
|
2
|
Mengatur tentang
sumber pemasukan, pengeluaran dan jumlah dana.
|
|
|
3
|
Mengatur tentang
penyusunan dan pencairan anggaran
|
|
|
4
|
Mengatur tentang
kewenangan dan tanggung jawab kepala sekolah/madrasah
|
|
|
5
|
Mengatur tentang
pembukuan
|
|
|
Isilah dengan tanda (ü) pada kolom jawaban yang sesuai.
96.
Kegiatan pengelolaan pendidikan yang
melibatkan peran serta masyarakat dan kemitraan dengan lembaga lain yang relevan.
No.
|
Lembaga
|
Ada
|
Tidak
|
1
|
Pendidikan
|
|
|
2
|
Kesehatan
|
|
|
3
|
Kepolisian
|
|
|
4
|
Keagamaan dan
kemasyarakatan
|
|
|
5
|
Dunia usaha
|
|
|
6
|
Pengembangan minat
dan bakat
|
|
|
Isilah dengan tanda (ü) pada kolom jawaban yang sesuai.
97.
Hasil evaluasi diri dalam rangka pemenuhan
SNP.
No.
|
Komponen
|
Nilai Evaluasi Diri*
|
||
Tahun .............
|
Tahun .............
|
Tahun ...............
|
||
1
|
Standar Isi
|
|
|
|
2
|
Standar Proses
|
|
|
|
3
|
Standar Kompetensi
Lulusan
|
|
|
|
4
|
Standar Pendidik dan
Tenaga Kependidikan
|
|
|
|
5
|
Standar Sarana dan
Prasarana
|
|
|
|
6
|
Standar Pengelolaan
|
|
|
|
7
|
Standar Pembiayaan
|
|
|
|
8
|
Standar Penilaian
|
|
|
|
*Isilah dengan nilai evaluasi diri sesuai Instrumen
Akreditasi.
98.
Pelaksanaan tugas kepemimpinan kepala
sekolah/madrasah.
No.
|
Tugas Kepemimpinan
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Menjabarkan visi ke
dalam misi
|
|
|
2
|
Merumuskan tujuan dan
target mutu
|
|
|
3
|
Menganalisis
tantangan, peluang, kekuatan, dan kelemahan.
|
|
|
4
|
Membuat rencana kerja
strategis dan rencana kerja tahunan
|
|
|
5
|
Melibatkan guru dan
komite
|
|
|
6
|
Meningkatkan motivasi
kerja
|
|
|
7
|
Menciptakan lingkungan
pembelajaran yang efektif
|
|
|
8
|
Meningkatkan mutu
|
|
|
9
|
Memberi teladan
|
|
|
Isilah
dengan tanda (ü) pada kolom jawaban yang sesuai.
99.
Penerapan prinsip-prinsip kepemimpinan
pembelajaran kepala sekolah/madrasah.
No.
|
Prinsip Kepemimpinan Pembelajaran
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Membangun tujuan
bersama
|
|
|
2
|
Meningkatkan kreasi
dan inovasi dalam pengembangan kurikulum
|
|
|
3
|
Mengembangkan
motivasi guru
|
|
|
4
|
Menjamin pelaksanaan
mutu proses pembelajaran
|
|
|
5
|
Mengembangkan sistem
penilaian
|
|
|
6
|
Mengambil keputusan
berbasis data
|
|
|
Isilah dengan tanda (ü) pada kolom jawaban yang sesuai.
100.
Komponen Sistem Informasi Manajemen (SIM).
No.
|
Komponen SIM
|
Ada
|
Tidak
|
1
|
Pengelolaan SIM
|
|
|
2
|
Penyediaan fasilitas
SIM
|
|
|
3
|
Penugasan pengelola
SIM
|
|
|
4
|
Pelaporan data dan
informasi
|
|
|
* Isilah dengan tanda (ü) pada kolom jawaban yang sesuai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar