DRgrtea

Alih Bahasa

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

menunavngampar

Minggu, 27 Mei 2018

Standar 6 - Standar Pengelolaan


VI.         STANDAR PENGELOLAAN

 85. Uraian Visi, Misi, dan Tujuan sekolah/madrasah.

1.    Visi
“Sekolah agamis, kokoh dalam IMTAQ dan cerdas dalam IPTEK, berbudaya indonesia dan berwawasan internasional”

2.    Misi
1.    Mewujudkan sekolah sebagai model sekolah umum yang agamis;
2.    Meningkatkan rasa iman dan taqwa warga sekolah melalui bimbingan dan kegiatan keagamaan;
3.    Menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran
4.    Mengadakan kegiatan sosial yang memupuk sikap dan perilaku siswa sebagai anak Indonesia yang ramah dan santun.
5.    Melaksanakan pembelajaran komputer dan internet sebagai upaya pencapaian kecakapan hidup ( life skill )
3.    Tujuan
1.    Mengkondisikan sekolah sebagai model sekolah agamis dengan dukungan sarana dan prasarana pendidikan yang relevan dan mutakhir.
2.    Mepersiapkan peserta didik yang bertaqwa kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia Mempersiapkan peserta didik agar menjadi manusia yang berkepribadian, cerdas, berkualitas dan berprestasi.
3.    Membekali peserta didik agar memiliki keterampilan teknologi informasi dan komunikasi serta mampu mengembangkan diri secara mandiri
4.    Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan teknologi agar mampu bersaing dan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.


Ketentuan Visi, Misi, dan Tujuan sekolah/madrasah.
No.
Aspek
Ada
Tidak
1
Perumusan berdasarkan masukan dari pihak terkait


2
Surat Keputusan


3
Surat Penetapan


4
Peninjauan Kembali secara periodik


Isilah dengan tanda (ü) pada kolom jawaban yang sesuai.

86.      Dokumen Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) 4 tahunan dan Rencana Kerja Tahunan (RKT).
No.
Aspek
RKJM
RKT
Ada
Tidak
Ada
Tidak
1
Disusun sesuai rekomendasi




2
Diputuskan dalam rapat dewan pendidik




3
Disahkan oleh Disdik/KanKemenag




4
Dituangkan dalam dokumen tertulis




Isilah dengan tanda (ü) pada kolom jawaban yang sesuai.
87.      Kepemilikan dokumen pedoman pengelolaan pendidikan.
No.
Jenis dokumen
Ada
Tidak
1
KTSP


2
Kalender pendidikan/akademik


3
Struktur organisasi sekolah/madrasah


4
Pembagian tugas guru


5
Pembagian tugas tenaga kependidikan


6
Peraturan akademik


7
Tata tertib sekolah/madrasah


8
Kode etik sekolah/madrasah


9
Biaya operasional sekolah/madrasah


Isilah dengan tanda (ü) pada kolom jawaban yang sesuai.

88.      Dokumen struktur organisasi sekolah/madrasah.
No.
Jenis dokumen
Ada
Tidak
1
Notulen rapat terkait struktur organisasi sekolah/madrasah


2
Penetapan struktur organisasi sekolah/madrasah


3
Sosialisasi struktur organisasi sekolah/madrasah, foto kegiatan, dokumen pertemuan sosialisasi


4
Bukti pengesahan struktur organisasi sekolah/madrasah


5
Rincian tugas setiap personil dalam struktur organisasi


Isilah dengan tanda (ü) pada kolom jawaban yang sesuai.

89.      Pelaksanaan kegiatan sekolah/madrasah sesuai rencana kerja tahunan (RKT).
No.
Kegiatan
RKT
Realisasi
Persentase*
1




2




3




dst




Jumlah


…. %
* Hitung Persentase (%) keterlaksanaan yaitu jumlah realisasi dibagi dengan  
   jumlah RKT dikalikan 100%

90.      Kegiatan kesiswaan yang dilakukan sekolah/madrasah.
              
No.
Kegiatan
Ada
Tidak
1
Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)
V

2
Layanan konseling
V

3
Ekstrakurikuler
V

4
Pembinaan prestasi
V

5
Penelusuran alumni


         Isilah dengan tanda (ü) pada kolom jawaban yang sesuai.

91.      Pelaksanaan proses peminatan yang dilakukan sekolah/madrasah.

No.
Jenis dokumen
Ada
Tidak
1
Penyelenggaraan kelompok peminatan
V

2
Pemilihan kelompok peminatan
V

3
Lintas minat

V
4
Pendalaman minat

V
5
Pindah kelompok peminatan

V
         Isilah dengan tanda (ü) pada kolom jawaban yang sesuai.

92.      Pengelolaan bidang kurikulum dan kegiatan pembelajaran.

No.
Jenis dokumen kurikulum dan pembelajaran
Ada
Tidak
1
KTSP


2
Kalender pendidikan


3
Program pembelajaran


4
Penilaian hasil belajar siswa


5
Peraturan akademik


          Isilah dengan tanda (ü) pada kolom jawaban yang sesuai.


93.      Pelaksanaan program pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan.

No.
Jenis dokumen program pendayagunaan
Ada
Tidak
1
Pemenuhan kebutuhan


2
Pemberdayaan


3
Pengembangan dan promosi


4
Pemberian Penghargaan


          Isilah dengan tanda (ü) pada kolom jawaban yang sesuai.

94.      Pelaksanaan penilaian kinerja pendidik dan tenaga kependidikan.

No.
Aspek Penilaian Kinerja
Ya
Tidak
1
Kesesuaian penugasan dengan keahlian


2
Keseimbangan beban kerja


3
Keaktifan


4
Pencapaian prestasi


5
Keikutsertaan dalam berbagai lomba, antara lain:
a.   
b.   
c.   
d.    dst


    Isilah dengan tanda (ü) pada kolom jawaban yang sesuai


95.      Penyusunan pedoman pengelolaan pembiayaan investasi dan operasional pendidikan.
No.
Ketentuan penyusunan pedoman
Ya
Tidak
1
Disusun mengacu pada standar pembiayaan


2
Mengatur tentang sumber pemasukan, pengeluaran dan jumlah dana.


3
Mengatur tentang penyusunan dan pencairan anggaran


4
Mengatur tentang kewenangan dan tanggung jawab kepala sekolah/madrasah


5
Mengatur tentang pembukuan


          Isilah dengan tanda (ü) pada kolom jawaban yang sesuai.


96.      Kegiatan pengelolaan pendidikan yang melibatkan peran serta masyarakat dan kemitraan dengan lembaga lain yang relevan.
No.
Lembaga
Ada
Tidak
1
Pendidikan


2
Kesehatan


3
Kepolisian


4
Keagamaan dan kemasyarakatan


5
Dunia usaha


6
Pengembangan minat dan bakat


          Isilah dengan tanda (ü) pada kolom jawaban yang sesuai.

97.      Hasil evaluasi diri dalam rangka pemenuhan SNP.
No.
Komponen
Nilai Evaluasi Diri*
Tahun .............
Tahun .............
Tahun ...............
1
Standar Isi



2
Standar Proses



3
Standar Kompetensi Lulusan



4
Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan



5
Standar Sarana dan Prasarana



6
Standar Pengelolaan



7
Standar Pembiayaan



8
Standar Penilaian



*Isilah dengan nilai evaluasi diri sesuai Instrumen Akreditasi.

98.      Pelaksanaan tugas kepemimpinan kepala sekolah/madrasah.
No.
Tugas Kepemimpinan
Ya
Tidak
1
Menjabarkan visi ke dalam misi


2
Merumuskan tujuan dan target mutu


3
Menganalisis tantangan, peluang, kekuatan, dan kelemahan.


4
Membuat rencana kerja strategis dan rencana kerja tahunan


5
Melibatkan guru dan komite


6
Meningkatkan motivasi kerja


7
Menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif


8
Meningkatkan mutu


9
Memberi teladan


 Isilah dengan tanda (ü) pada kolom jawaban yang sesuai.

99.      Penerapan prinsip-prinsip kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah/madrasah.
No.
Prinsip Kepemimpinan Pembelajaran
Ya
Tidak
1
Membangun tujuan bersama


2
Meningkatkan kreasi dan inovasi dalam pengembangan kurikulum


3
Mengembangkan motivasi guru


4
Menjamin pelaksanaan mutu proses pembelajaran


5
Mengembangkan sistem penilaian


6
Mengambil keputusan berbasis data


          Isilah dengan tanda (ü) pada kolom jawaban yang sesuai.

100.      Komponen Sistem Informasi Manajemen (SIM).
No.
Komponen SIM
Ada
Tidak
1
Pengelolaan SIM


2
Penyediaan fasilitas SIM


3
Penugasan pengelola SIM


4
Pelaporan data dan informasi


         *  Isilah dengan tanda (ü) pada kolom jawaban yang sesuai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Populer

Duridwan TeA Google Arsip

Tampil Ful Skrin

Tampilan penuh layar

Klik tombol "Penuh" untuk mode ful skrin. Tutup dengan cara klik tuts "Esc" di kibot, atau dengan mengklik tombol "Normal" saja.

Penuh Normal

Materi artikel

×
Judul