DRgrtea

Alih Bahasa

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

menunavngampar

Kamis, 24 Mei 2018

Sambutan Pelepasan dan Perpisahan

Asslamu'alaikum Wr. Wb.
Al-Quran surat Az-zumar ayat 10:
قُلْ يَا عِبَادِ الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا رَبَّكُمْ ۚ لِلَّذِينَ أَحْسَنُوا فِي هَٰذِهِ الدُّنْيَا 
حَسَنَةٌ ۗ وَأَرْضُ اللَّهِ وَاسِعَةٌ ۗ إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُم بِغَيْرِ حِسَابٍ
Katakanlah (Wahai Muhammad) -- Hai hamba-hama Alloh yang beriman, bertakwalah kepada Alloh SWT. Tuhanmu. Bagi orang yang berbuat kebaikan di dunia ini ada pahala yang baik, sesungguhnya bumi Alloh itu luas. pastinya orang-orang yang sabar dibayarkan pahalanya yang tak terhingga.
Hadiri rahimakumulloh.
Dari ayat ini, bisa diambil beberapa point, yaitu:
  1. يَا عِبَادِ الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا رَبَّكُمْ
  2. Bertakwalah.
    Kita sebagai hamba.... Ibu/Bapak sebagai orang tua wali, anak-anak sebagai peserta didik, dan kami sebagai pengelola sekolah, yang -mudah-mudahan kesemuanya beriman, kita diperintah untuk bertakwa kepada Alloh Rob kita.
    Dalam hal takwa adalah melaksanakan perintah Alloh dan menjauhi larangannya, maka apabila dihubungan dengan posisi dan kondisi kita, maka :
    • Kami, pengelola sekolah bertakwa dengan menjalankan tugas mengajar jangan sampai tidak mengajar.
    • Anak-anak sebagai peserta didik bertakwa dengan menjalankan tugas belajar jangan sampai tidak belajar.
    • Ibu/Bapak, sebagai orang tua / wali murid bertakwa dengan memenuhi kewajiban dalam membiayai putra-putri ibu. Bertakwalah, dalam arti laksanakan perintah, bahwa tunggakan adalah utang yang harus dibayar, jangan sampai tidak dibayarkan. Cicillah, bisa memang luas rezekinya lunasilah.
  3. لِلَّذِينَ أَحْسَنُوا فِي هَٰذِهِ الدُّنْيَا حَسَنَةٌ
  4. Bagi orang yang berbuat kebajikan di dunia ini adalah pahala kebajikan pula.
    • Kami, sebagai pengelola meluangkan waktu untuk mengajar, merberi semangat untuk belajar, karena dengan cara inilah kami beramal.
    • Ibu/Bapak sebagai orang tua/wali bagi putra-putrinya, berikanlah motivasi dan dorongan kepada mereka untuk terus belajar.
    • Anak-anakku sebagai manusia yang masih muda berbuat baiklah dengan terus menuntut ilmu selagi ada usia, dan kesempatan.
  5. وَأَرْضُ اللَّهِ وَاسِعَةٌ
  6. Bumi ini luas Sebagai orang yang peduli terhadap pendidikan, 
    • Kami, pengelola sekolah di tingkat SMA berharap
      • orang tua/wali murid mendorong/memotivasi anak-anak mereka untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.
      • anak-anak yang sudah lulus, dan keluar dari SMA ini berupayalah untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.
      • anak-anak yang baru lulus, SMP/MTs. berupayalah untuk melanjutkan pendidikannya, daftarlah ke sekolah SMA Plus Tauhidul Afkar.
  7. إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُم بِغَيْرِ حِسَابٍ
  8. Orang yang sabar diberikan pahala atas kesabarannya dengan pahala yang tak terhingga.
    • Kami, sebagai pengelola sekolah, berusaha bersabar ketika bapak/ibu belum memenuhi kewajiban membiayai putra-putri ibu. Sebagai guru, kami berusaha bersabar untuk menghadapi kenakalan, dan mengarah anak-anak kepada kebaikan agar menjadi orang yang lebih baik di masa yang akan datang.
    • Anak-anakku sebagai penuntut ilmu, bersabarlah dalam belajar, dan bersabar pulalah atas sikap para guru di sekolah dan sikap-sikap orang tua/wali saat berada dirumah, dan bersabar pulalah atas sikap-sikap orang sekitar ketika berada di lingkungan tempat tinggal.
    • Para orang tua, bersabarlah. dalam hal:
      • Tunaikan kewajiban melunasi bayaran sekolah sebagai cara menghidupi putra-putri yang sedang hidup dalam belajar.
      • Sabar pulalah, dalam hal menunggu putra-putri selama menjalani pendidikan, jangan ganggu mereka dengan perintah untuk mengerjakan sesuatu diluar batas kemampuan mereka sebagai pelajar. Sabar pulalah, dalam hal jangan dulu berfikir untuk segera menyandingkan mereka di pelaminan sehingga terputuslah belajarnya.
Demikianlah yang dapat disampaikan pada kesempatan pelepasan kelas 12 dan kelas 9 ini. mudah-mudah dapat menjadi pelajaran bagi kita semua. Amin.
Wassalmu'alaikum Wr. Wb.


        Tidak ada komentar:

        Posting Komentar

        Posting Populer

        Duridwan TeA Google Arsip

        Tampil Ful Skrin

        Tampilan penuh layar

        Klik tombol "Penuh" untuk mode ful skrin. Tutup dengan cara klik tuts "Esc" di kibot, atau dengan mengklik tombol "Normal" saja.

        Penuh Normal

        Materi artikel

        ×
        Judul